Jumat, 13 September 2013

HENRY FORD



(Pionir Teknik Produksi Massal Mobil)

Henry Ford pendiri perusahaan Ford Motor Co, dilahirkan di tempat dekat Dearborn, Michigan tahun 1863. Ketika itu telepon, radio, televisi, motor dan mobil belum ditemukan. Henry sejak anak-anak sangat tertarik dengan bidang mekanik. Dia sering memperbaiki jam dinding dan jam tangan sebagai kesenangan baginya. Tidak seorangpun yang mengajarinya bagaimana memperbaiki jam. Dia memperoleh pengetahuan dari belajar sendiri melalui percobaan.
Henry menyukai bidang mesin sejak masih muda. Pernah suatu ketika melihat sebuah traktor tua di sawah, dan ketika pengemudi traktor sedang istirahat, Henry mempelajari mesin itu. Mesin itu kali kedua yang pernah dia lihat setelah lokomotif. Dia bertanya banyak hal tentang mesin itu kepada pengemudi. Pembicaraan tentang traktor adalah awal dari kesuksesannya di bisnis mobil masa depan.
Pekerjaan pertama Henry adalah tukang reparasi jam dinding dan jam tangan, dan ia dibayar beberapa dolar seminggu. Kemudian dia berkembang dan tertarik  dengan mesin-mesin. Suatu hari dia membaca majalah, bahwa seorang ilmuwan dari Jerman menemukan mesin dengan pembakaran di dalam. Mesin itu sangat berbeda dari mesin traktor yang dia lihat. Bahan bakar dari mesin itu di bakar di dalam mesin, sedangkan mesin uap traktor atau lokomotif dibakar diluar mesin. Dia sangat tertarik dalam diskripsi mekanik dari mesin yang pembakarannya di dalam. Sejak saat itu dia selalu memikirkan mesin yang baru itu dan bukan mesin lainnya.
Percobaan pertama Henry adalah membuat mesin uap untuk menggerakkan kendaraan. Dia menyadari bahwa dia melakukan sesuatu yang tidak ia inginkan. Setelah melihat mesin dengan bahan bakar bensin, dia berubah pikiran dan mulai dengan percobaan-percobaan baru. Selama dua tahun dia bekerja pada mesin dengan dua silinder untuk sebuah kendaraan roda dua. Lalu dia meninggalkan ide itu dan membuat ide baru dengan meletakkan mesin di atas kendaraan roda empat. Dia bekerja siang dan malam untuk mengatasi masalah yang dia temui. Tiba-tiba mobil Ford pertama kali di dunia diciptakan, dan ketika diuji coba di jalanan, banyak orang dan binatang berlarian. Mobil itu mengejutkan banyak orang, dan mereka harus berhati-hati dan menjauh. Satu hal yang terlupa dari Henry Ford adalah membuat rem, suatu bagian penting untuk mobil. Dia  beruntung  ketika menghentikan mobilnya tanpa menabrak pepohonan, karena  tanpa rem.
Henry sangat ingin membuat mobil yang murah, sederhana dan banyak orang bisa memiliki/membeli. Untuk itu dia mendirikan Ford Motor Co. di tahun 1908. Lima tahun kemudian dia memperkenalkan mobil yang diimpikannya; mobil mesin 4 silinder Model T. selama 19 tahun perusahaan itu hanya membuat mobil Model T warna hitam.
Untuk menghasilkan mobil yang lebih murah lagi, dia mengembangkan teknik produksi massal di tahun 1913. Dimana setiap pekerja hanya melakukan satu macam pekerjaan kemudian diteruskan dengan ban berjalan. Ford juga menemukan cara baru untuk mengurangi biaya produksi. Dan hasilnya harga mobil turun setiap tahun, sehingga lebih dan lebih banyak  orang dapat membelinya.
Disamping pengenalan cara efisiensi produksi massal, Ford juga pionir kebijakan disiplin dan gaji yang tinggi untuk para pekerja. Pada tahun 1914 dia dapat menaikkan gaji para pekerjanya hingga lebih dari 100%. Dia dapat membayar gaji tinggi selama perang.
Mobil Model-T yang dihasilkan membuktikan bahwa dengan teknik produksi massal dapat lebih efisien; tahun 1909- 10.600 Mobil; 1910- 18.660 Mobil; 1911- 34.520 Mobil; 1912-78.440 Mobil; 1912- 168.220 Mobil. Ford menghentikan produksi mobil Model T setelah mencapai angka 15.000.000 Mobil.
Bukanlah Henry Ford yang membuat  mobil pertama kali di dunia. Dan dia juga bukan pemilik perusahaan mobil terbesar. Tapi bagaimanapun, dia telah berkontribusi dua hal penting dalam industri yaitu pengenalan teknik produksi massal dan kerja disiplin. Henry Ford meninggal pada tahun 1947 dan namanya selalu di ingat dalam sejarah perindustrian.


BERBAKTI KEPADA ORANG TUA


KESEMPATAN MUNGKIN HANYA DATANG SATU KALI


MEMBANGUN ITU SEPERTI MENANAM POHON 

PARA PEMIMPIN 
 


*****
Diterjemahkan dari Buku English For SLTA- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan –Balai Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar