Jumat, 13 September 2013

ABRAHAM LINCOLN



 (Presiden ke 16 Amerika Serikat)

Namanya lengkapnya Abraham Lincoln, lahir pada tanggal 12 Februari 1809 di  Hodgenvile Amerika Serikat. Abraham Lincon yang biasa dipanggil Abe, adalah anak dari keluarga petani yang miskin. Orang tua Abe adalah sebagai seorang petani yang miskin dengan hasil pertanian yang sedikit. Di saat musim dingin tiba, orang tua Abe selalu membuat perapian di atas batu di dalam rumah kayu agar keluarga mereka tetap hangat. Pada tahun 1811, keluarga Abe pindah ke suatu tempat  sejauh 10 mil. Di tempat yang baru, orang tua Abe juga bekerja sebagai petani dari lahan yang telah mereka beli.
Ketika Abe usia 6 tahun, ia bersekolah di rumah sekolah kayu. Di sana Abe belajar membaca, menulis dan berhitung. Abe sangat suka membaca dan menulis. Dia berlatih menulis kapanpun dan dimanapun ketika ada kesempatan. Dia sering menulis dengan arang di papan skop kayu, di pasir dan juga di salju.
Pada bulan Desember   1816 orang tua Abe membawa keluarganya menyeberang Sungai Ohio ke tanah hutan liar yang jauh dari perkotaan di Indiana. Mereka membangun rumah kayu yang baru untuk tempat tinggal. Saat itu musim sangat dingin dan mereka harus membuat perapian yang sangat besar baik di siang hari maupun malam hari. Mereka bekerja keras dan mereka hidup dari hasil tanaman jagung terbatas. Abe sesekali berburu kalkun liar dihutan dengan senapan. Tapi sebenarnya dia tidak menyukai membunuh binatang dengan senapan. Kadang bersama saudaranya Sarah mengumpulkan buah berry, kacang-kacangan dan buah-buahan dan dibawa pulang untuk keluarganya. Keluarga Abe harus berjalan sejauh 1 mil dari rumahnya untuk mengambil air di sebuah sumur.
Dua tahun berselang keluarga mereka pindah ke Indiana dan pada tahun itu juga ibunya meninggal karena sakit. Ayah Abe menikah lagi dengan seorang wanita janda yang mempunyai tiga anak, yang dikenalnya ketika masih remaja. Abe sangat menyukai saudara tiri dan ibu tirinya karena mereka baik hati dan mau bekerja keras. Ibunya yang baru selalu mengingatkan Abe dan para saudaranya untuk selalu rapi dan bersih. Dia bahkan meminta kepada ayah  Abe untuk menyekolahkan Abe agar menjadi orang yang baik. Hanya saja tidak selalu ada guru yang mengajar dan sekolah hanya berlangsung beberapa minggu selama satu tahun di musim dingin. Abe harus berjalan kaki dari rumah sejauh  4 mil untuk mencapai sekolahan. Meski jarak yang sangat jauh, Abe tetap bersemangat untuk pergi ke sekolah, karena dia tahu bahwa dengan sekolah akan membuat dia menjadi orang yang baik.
Di sepanjang hidupnya Abe mengenyam sekolah tidak lebih dari satu tahun. Tapi dia sangat suka membaca sendiri. Dia selalu membaca buku ketika ada kesempatan, dia tidak pernah berhenti untuk membaca. Dia berkata, “Sesuatu yang ingin aku tahu ada di dalam buku-buku”. Bahkan Abe tidak keberatan berjalan sejauh 20 mil di Rocford untuk meminjam satu buku. Dia selalu belajar sendiri tentang sesuatu yang baru. Dia sangat tertarik dengan bidang hukum dengan meminjam buku tentang hukum di kota Indiana. Dia belajar sepanjang malam.
Di usia 19 tahun Abe pergi ke New Orleans dan saat itu melihat budak-budak pekerja. Saat itu perbudakan masih diperbolehkan di Negara itu. Tetapi Abe sangat tidak menyukai dengan perbudakan. Dan mulai saat itu dia berjanji pada dirinya sendiri untuk melakukan segala hal agar bisa menghapuskan perbudakan.
Pada usia 21 tahun, orang tua Abe membawa keluarganya ke Cold County, tapi Abe tidak turut serta. Abe merasa sudah cukup dewasa untuk memulai hidup sendiri dan mandiri. Dia bekerja sebagai kasir di sebuah toko di New Salem di kota Illionis. Dia seorang kasir yang jujur dan banyak orang menjulukinya “Honest Abe”(Abe yang Jujur). Suatu cerita mengatakan bahwa Abe pernah berjalan sejauh 6 mil untuk mengembalikan uang kecil kembalian kepada seorang wanita yang membayar lebih untuk barang yang dibelinya.
Pada usia 27 tahun Abe menjadi seorang pengacara yang membantu permasalahan orang miskin. Dan pada tahun 1861 Abe terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat yang ke 16. Saat itu Abe mengalami tugas yang berat karena pecah perang saudara setelah beberapa waktu menjabat.
Abe seorang yang tidak pernah berhenti belajar dan bekerja. Dia seorang yang baik hati, ramah dan jujur. Dia sangat disukai anak kecil, karena menurut mereka Abe mengerti dan benar-benar menyukai anak kecil. Banyak pria dan wanita yang mengenalnya menyebut dia sebagai “Honest Abe- Abe yang Jujur”. Presiden Abraham Lincoln yang meninggal pada tanggal 15 April 1865 adalah salah satu tokoh terbesar sepanjang sejarah.
Abraham Lincoln : “Jika aku diberi waktu 9 jam untuk menebang sebuah pohon besar dengan sebuah pedang. Aku akan menggunakan waktu 6 jam untuk mempertajam pedang.”


BERBAKTI KEPADA ORANG TUA


KESEMPATAN MUNGKIN HANYA DATANG SATU KALI


MEMBANGUN ITU SEPERTI MENANAM POHON 

PARA PEMIMPIN 
 


***** 1mil =1,6 km
Diterjemahkan dari Buku English For SLTA- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan –Balai Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar